Powered By Blogger

Senin, 01 Agustus 2011

Manfaat Vitamin E


Vitamin E sangat penting dalam mempertahankan kesehatan tubuh secara umum. Vitamin ini pada dasarnya berperan sebagai pendukung antioksidan. Antioksidan berperan penting untuk membantu tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas. Setiap harinya, kita terpapar oleh berbagai radikal bebas, mulai dari polutan, asap rokok serta racun-racun lain yang seiring waktu akan membahayakan bagi kesehatan.

Antioksidan akan membantu melawan radikal bebas ini sehingga kita terbebas dari penyakit. Selain itu antioksidan bisa membantu memerangi kanker dan penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan yang paling banyak diderita masyarakat . selain sebagai antiokosidan Vitamin E juga bermanfaat sebagai :

* Berperan penting dalam pencegahan penyakit jantung.
* Mencegah keguguran pada wanita.
* Mencegah peroxidation pigmentasi akibat pembentukan asam lemak tak jenuh tinggi.
* Mencegah nekrosis hepatik yang disebabkan oleh kekurangan belerang yang mengandung asam amino dan selenium.
* Mencegah kerusakan jaringan dalam kasus iskema dan cedera, mengurangi gejala kaki keram dan rheumatoid arhtritis, dan memiliki efek antikoagulan.
* Berguna dalam membatasi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh merokok, dan kerusakan jaringan oleh radikal bebas yang dipercepat dengan pecandu alkohol.
* Mengurangi rasa panas dalam tubuh.
* Melindungi tubuh dari bahaya tumor.
* Untuk memaksimalkan fungsi otot.

Sumber Vitamin E

Vitamin E sebagian besar terdapat pada kacang-kacangan, minyak dan sayuran hijau. Untuk membantu Anda menambah asupan vitamin E dari makanan, berikut sumber makanan yang mengandung vitamin E dan bisa Anda padukan dalam diet Anda sehari-hari: Minyak gandum, almond, biji dan bunga matahari, kacang tanah dan mentega kacang, minyak jagung, bayam, brokoli, minyak kedelai, kiwi dan mangga.

Vitamin E bagi Penyakit Jantung

Beberapa peneliti meyakini kalau vitamin E berperan penting dalam mencegah perkembangan penyakit jantung. Vitamin E ini akan membatasi jumlah oksidasi kolesterol jahat LDL (low-density lipoprotein) dalam darah. Oksidasi menyebabkan penyumbatan arteri, sehingga memicu serangan jantung. Dengan menghambat proses ini, maka vitamin E juga berperan mencegah serangan jantung.

Komsumsi Vitamin E

Pastikan Anda mengkomsumsi Vitamin E, jangan takut akan asupan lemak yang datang bersamaan dari sumber makanan. Karena lemak pada dasarnya juga memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E, Anda tidak hanya akan mendapatkan berbagai manfaat seperti yang telah disebutkan di atas tetapi makanan ini juga merupakan sumber energi bagi kehidupan kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar